metode problem solving dan problem base learning



Pengertian Metode Pembelajaran Problem solving
Metode pembelajaran problem solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.metode ini tidak mengharapakan siswa hanya sekedar mendengarkan,mencatat,kemudian menghafal materi pelajaran akan tetapi melalui metode problem solving siswa aktif berpikir,berkomunikasi,mencari dan mengolah data dan akhirnya menyimpulkan
Karakteristik Metode Pembelajaran Problem Solving
Metode pembelajaran problem solving dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.terdapat 3 ciri utama dari metode problem solving. Tujuan utama penggunaan metode problem solving dalam kegiatan belajar mengajar yaitu:
·         Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari sebab akibat dan tujuan suatu permasalahan.
·         Memberikan pengetahuan dan kecakapan praktis yang bernilai atau bermanfaat bagi keperluan kehidupan sehari-hari.
·         Belajar bertindak dalam situasi baru.
·         Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah.
Metode problem solving dapat diterapkan:
a) Manakala guru menginginkan agar siswa tidak hanya sekedar memngingat materi pelajaran,akan tetapi menguasai dan memahaminya secara penuh.
b) Apabila guru bermaksud untuk mengembangkan keterampilan berpikir rasional siswa,yaitu kemampuan menganalisis situasi,menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam situasi baru,mengenal adanya perbedaan antara fakta dan pendapat,serta mengembangkan kemampuan dalam membuat judgement secara objektif .
c) Manakala guru menginginkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah serta membuat tantangan intelektual siswa.
d) Jika guru ingin mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab.
e) Jika guru ingin agar siswa memahami hubungan antara apa yang dipelajari dengan kenyataan dalam kehidupannya.
Kelebihan dari metode problem solving sebagai berikut:
a. Metode ini membuat pendidikan disekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan .
b. Dapat membiasakan para siswa menghadapi permasalahan di dalam kehidupan.
c. Merangsang pengembangan berfikir siswa secara kreatif dan menyeluruh
d. Melatih siswa untuk mengidentifikasikan dan melakukan penyelidikan
e. Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalm dunia nyata.
 Kelemahan Metode Problem Solving
a. Manakala siswa tidak memiliki minat dan tidak memiliki keercayaan bahwa masalah yang di pelajari sulit dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba
b. Mengubah kebiasaan siswa belajar dari mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok kadang memerlukan berbagai sumber belajar merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa
c. Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ini sering memerlukan waktu yang cukup banyak.
Pengertian Metode Based learning
Problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran dalam konteks kehidupan nyata yang berorientasi pemecahan masalah dengan memanfaatkan berpikir kritis, sintetik dan praktikal melalui pemanfaatan multiple intelegences dengan membiasakan belajar “Bagaimana belajar”. Karena pembelajaran ini terpusat melalui masalah-masalah yang relefan. Terpusat karena berisi scenario, tema, unit yang menempatkan kembali kepada pembelajaran yang diinginkan. Tujuan pembelajaran berbasis masalah adalah:
·         Pemecahan masalah secara efektif, efisien, menarik, terintegrasi dan fleksibel.
·         Pemecahan masalah dengan penuh inisiatif dan antusias.
·         Kemampuan belajar mandiri dan menjadi habit (kebiasaan) dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mampu berkolaborasi secara efektif, efisien dan menarik dalam sebuah kerja tim.
·         Ingin meningkatkan secara maksimal daya tahan pengingatan atau retensi. Kita tidak ingin hal-hal yang kita belajarkan berjalan di tempat atau tidak berdaya sama sekali. Kita tidak memiliki waktu khusus untuk melatih seseorang, sehingga kita perlu meyakinkan bahwa daya tahan pengingatan tinggi.
·         Untuk menjamin penyampaian informasi yang bukan hanya sekedar transfer pengetahuan (transfer of knowledge) saja. Untuk itu, kita perlu menjadikan pebelajar mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam setiap situasi.
Kelebihan Metode Problem Based Learning
a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah menurut cara-cara atau gaya belajar individu masing-masing. Dengan cara mengetahui gaya belajar masing-masing individu, kita diharapkan dapat membantu menyesuaikan dengan pendekatan yang kita pakai dalam pembelajaran.
b. Pengembangan keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills).
c. Peserta didik dilatih untuk mengembangkan cara-cara menemukan (discovery), bertanya (questioning), mengungkapkan (articulating), menjelaskan atau mendeskripsikan (describing) mempertimbangkan atau membuat pertimbangan (considering), dan membuat keputusan (decision-making). Dengan demikian, peserta didik menerapkan suatu proses kerja melalui suatu situasi bermasalah, siang mengandung masalah.
Kelemahan Metode Problem Based Lerning
a. Pembelajaran model PBL memnbutuhksn waktu yang lama.
b. Perlu ditunjang oleh buku yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan belajar terutama membuat soal.






Komentar