Pengertian Metode Pembelajaran Problem solving
Metode pembelajaran problem solving
merupakan rangkaian aktivitas
pembelajaran
yang menekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.metode ini tidak
mengharapakan siswa hanya sekedar mendengarkan,mencatat,kemudian menghafal
materi pelajaran akan tetapi melalui metode problem solving siswa aktif
berpikir,berkomunikasi,mencari dan mengolah data dan akhirnya menyimpulkan
Karakteristik Metode Pembelajaran Problem Solving
Metode pembelajaran problem solving
dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada
proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.terdapat 3 ciri utama
dari metode problem solving. Tujuan utama
penggunaan metode problem solving dalam kegiatan belajar mengajar yaitu:
·
Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari
sebab akibat dan tujuan suatu
permasalahan.
·
Memberikan pengetahuan dan kecakapan praktis yang
bernilai atau bermanfaat bagi keperluan kehidupan sehari-hari.
·
Belajar bertindak dalam situasi baru.
·
Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah.
Metode problem
solving dapat diterapkan:
a) Manakala guru menginginkan agar siswa tidak hanya
sekedar memngingat materi pelajaran,akan tetapi menguasai dan memahaminya
secara penuh.
b) Apabila guru bermaksud untuk mengembangkan
keterampilan berpikir rasional siswa,yaitu kemampuan menganalisis
situasi,menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam situasi baru,mengenal
adanya perbedaan antara fakta dan pendapat,serta mengembangkan kemampuan dalam
membuat judgement secara objektif .
c) Manakala guru menginginkan kemampuan siswa untuk
memecahkan masalah serta membuat tantangan intelektual siswa.
d) Jika guru ingin mendorong siswa untuk lebih
bertanggung jawab.
e) Jika guru ingin agar siswa memahami hubungan antara
apa yang dipelajari dengan kenyataan dalam kehidupannya.
Kelebihan dari
metode problem solving sebagai berikut:
a. Metode ini membuat pendidikan disekolah menjadi lebih
relevan dengan kehidupan .
b. Dapat membiasakan para siswa menghadapi permasalahan
di dalam kehidupan.
c. Merangsang pengembangan berfikir siswa secara kreatif
dan menyeluruh
d. Melatih siswa untuk mengidentifikasikan dan melakukan
penyelidikan
e. Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan
pengetahuan yang mereka miliki dalm dunia nyata.
Kelemahan Metode Problem Solving
a. Manakala siswa tidak memiliki minat dan tidak memiliki
keercayaan bahwa masalah yang di pelajari sulit dipecahkan, maka mereka akan
merasa enggan untuk mencoba
b. Mengubah kebiasaan siswa belajar dari mendengarkan dan
menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir memecahkan
permasalahan sendiri atau kelompok kadang memerlukan berbagai sumber belajar
merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa
c. Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ini
sering memerlukan waktu yang cukup banyak.
Pengertian Metode Based learning
Problem based
learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran
dalam konteks kehidupan nyata yang berorientasi pemecahan masalah dengan
memanfaatkan berpikir kritis, sintetik dan praktikal melalui pemanfaatan
multiple intelegences dengan membiasakan belajar “Bagaimana belajar”. Karena
pembelajaran ini terpusat melalui masalah-masalah yang relefan. Terpusat karena
berisi scenario, tema, unit yang menempatkan kembali kepada pembelajaran yang
diinginkan. Tujuan pembelajaran berbasis masalah
adalah:
·
Pemecahan masalah secara efektif, efisien, menarik,
terintegrasi dan fleksibel.
·
Pemecahan masalah dengan penuh inisiatif dan antusias.
·
Kemampuan belajar mandiri dan menjadi habit (kebiasaan)
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mampu berkolaborasi secara efektif, efisien dan menarik
dalam sebuah kerja tim.
·
Ingin meningkatkan secara maksimal daya tahan pengingatan
atau retensi. Kita tidak ingin hal-hal yang kita belajarkan berjalan di tempat
atau tidak berdaya sama sekali. Kita tidak memiliki waktu khusus untuk melatih
seseorang, sehingga kita perlu meyakinkan bahwa daya tahan pengingatan tinggi.
·
Untuk menjamin penyampaian informasi yang bukan hanya
sekedar transfer pengetahuan (transfer of knowledge) saja. Untuk itu, kita
perlu menjadikan pebelajar mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam
setiap situasi.
Kelebihan Metode Problem Based Learning
a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
memecahkan masalah-masalah menurut cara-cara atau gaya belajar individu masing-masing.
Dengan cara mengetahui gaya belajar masing-masing individu, kita diharapkan
dapat membantu menyesuaikan dengan pendekatan yang kita pakai dalam
pembelajaran.
b. Pengembangan keterampilan berpikir kritis (critical
thinking skills).
c. Peserta didik dilatih untuk mengembangkan cara-cara
menemukan (discovery), bertanya (questioning), mengungkapkan (articulating),
menjelaskan atau mendeskripsikan (describing) mempertimbangkan atau membuat
pertimbangan (considering), dan membuat keputusan (decision-making). Dengan
demikian, peserta didik menerapkan suatu proses kerja melalui suatu situasi
bermasalah, siang mengandung masalah.
Kelemahan Metode Problem Based Lerning
a. Pembelajaran model PBL memnbutuhksn waktu yang lama.
b. Perlu ditunjang oleh buku yang dapat dijadikan
pemahaman dalam kegiatan belajar terutama membuat soal.
Komentar
Posting Komentar