Metode inkuiri adalah metode
pembelajaran dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan,
penempatan siswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan
dalam memecahkan masalah. Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara
–cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian
lain ialah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan
bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secaraindividual maupun
kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh
siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar, makin efektif pula pencapaian
tujuan. Proses inquiri adalah suatu proses khusus untuk meluaskan pengetahuan
melalui penelitian. Oleh karena itu metode inquiri kadang-kadang disebut juga
metode ilmiahnya penelitian. Metode inquiri adalah metode belajar dengan
inisiatif sendiri, yang dapat dilaksanakan secara individu atau kelompok kecil.
Situasi inquiri yang ideal dalam kelas matematika terjadi, apabila murid-murid
merumuskan prinsip matematika baru melalui bekerja sendiri atau dalam grup
kecil dengan pengarahan minimal dari guru. Peran utama guru dalam pelajaran
inquiri sebagai metoderator.
Metode inquiri pmerupakan metode
pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan mengembangkan cara befikir ilmiah.
Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri
dan berusaha mengembangkan kreatifitas dalam pengembagnaan masalah yang
dihadapinya sendiri. Metode mengajar inquiri akan menciptakan kondisi belajar
yang efektif dan kundusif, serta mempermudah dan memperlancar kegiatan belajar.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa metode inquiri
dalam penelitian ini adalahsuatu teknik instruksional dalam proses belajar
mengajar siswa diharapkan pada suatu masalah, dan tujuan utama menggunakan
metode inquiri adalah membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan penemuan
ilmiah.
Sedangkan asumsi-asumsi yang
mendasari metode inquiri adalah sebagai berikut :
1.
Keterampilan berpikir kritis dan berpikir dedukatif
sangat diperlukan pada waktu mengumpulkan evidensi yang dihubungkan dengan
hipotesis yang telah dirumuskan oleh kelompok
2.
Keuntungan para siswa dari pengalaman-pengalaman
kelompok di mana mereka berkomunikasi, berbagai tanggung jawab dan bersama-sama
mencari pengetahuan.
3.
Kegiatan-kegiatan belajar yang disajikan dalam semangat
berbagi inquri menambah motivasi dan memajukan partisipasi aktif
Syarat-syarat Penerapan Metode
Inquiri Adapun syarat-syarat penerapan metode inquiri adalah :
·
Merumuskan topik inquiri dengan jelas dan
bermanfaat bagi siswa
·
Membentuk kelompok yang seimbangn, baik akademik
maupun social
·
Menjelaskan tugas dan menyediakan balikan kepada
kelompok-kelompok dengan cara yang responsif dan tepat waktunya.
·
Sekali-kal perlu intervensi oleh guru agar
terjadi interaksi antarpribadi yang sehat dan demi kemajuan tugas.
·
Melaksanakan penilaian terhadap kelompok, baik
terhadap kemajuan kelompok maupun terhadap hasil-hasil yang dicapai
Kelebihan dan Kelemahan Metode Inquiri
a. Kelebihan Metode Inquiri
1.
Siswa aktif dalam kegiatan belajar, sebab ia berfikir
sebab ia berfikir dan menggunakan kemampuan untuk hasil akhir
2.
Perkembangan cara berfikir ilmiah, seperti menggali
pertanyaan, mencari jawaban, dan menyimpulkan / memperoses keterangan dengan
metode inquiri dapat dikembangkan seluas-luasnya
3.
Dapat melatih anak untuk belajar sendiri dengan positif
sehingga dapat mengembangkan pendidikan demokrasi.
b. Kelemahan metode inquiri
1.
Belajar mengajar dengan metode inquiri memerlukan
kecerdasarn anak yang tinggi. Bila anak kurang cerdas, hasilnya kurang efektif
2.
Metode inquri kurang cocok pada anak yang usianya
terlalu muda, misalnya anak SD.
Berdasarkan pendapat di atas
dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan
tetapi semua itu dapat diatasi dengan baik jika seorang guru kreatif dalam
menggunakannya dan siswa akan terlihat aktif dalam proses belajar mengajar.
Metode Inkuiri
Komentar
Posting Komentar