Nama : Muhammad Risyad Rahaf Faldi
NIM : 150341606759
Offr : B
Sejak lahir manusia memerlukan dunia
luaruntuk mengembangkan potensi dan melangsungkan hidupnya. Ia selalu
mengadakan interaksi dengan dunia luar. Ia juga selalu belajar, menyesaikan
diri dengan dunia luar. Berbagai macam cara ia gunakn dalam kegiatan belajar
(menyesuaikan diri dengan dunia luar) itu. Definisi belajar telah banyak
dikemukakan oleh para ahli pendidikan. Namun pada dasarnya belajar merupakan
suatu proses mental yang dinyatakan dalam berbagai bentuk prilaku Belajar bukan
hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan
(intelektual, sosial, fisik-motorik), dan pengembangan segi-segi afektif yaitu
sikap, minat, motivasi, nilai-nilai moral dan keagamaan.
Mencermati pendapat tersebut, kita
dapat menyimpulkan bahwa belajar bukan hanya mentransper ilmu pengetahuan dari
guru kepada siswa dalam bentuk hafalan saja, melainkan seluruh potensi pada
diri siswa harus dikembangkan, yaitu afektifnya, juga psikomotornya, sehingga
diharapkan melalui belajar ini anak/siswa akan menjadi manusia seutuhnya sesuai
dengan harapan tujuan pendidikan nasional. Sementara itu pembelajaran adalah
suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional
yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum. Jadi pembelajaran adalah
suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang
diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum.
Pembelajaran atau pengajaran pada
dasarnya merupakan kegiatan guru/dosen menciptakan situasi agar siswa/mahasiswa
belajar. Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah agar siswa/mahasiswa belajar.
Belajar dan mengajar adalah dua hal
yang tidak dapat dipisahkan. Siswa dan guru merupakan komponen utama dalam
proses belajar mengajar. Dalam pelaksanaan belajar mengajar kedua komponen ini
saling berinteraksi. Guru berperan membantu siswa agar belajar secara aktif dan
kreatif, sedangkan siswa melakukan dan menerima berbagai konsep atau
pengetahuan yang ditransformasikan guru, juga menemukan, dan mengolah informasi
tersebut atas bimbingan dari guru. Peran guru yang lain dalam pembelajaran
adalah membuat desain instruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar
mengajar, atau membelajarkan siswa, mengevaluasi hasil belajar yang berupa
dampak pengajaran. Peran siswa adalah bertindak belajar mencapai hasil belajar,
dan menggunakan hasil belajar.
Refleksi
Hakikat belajar dan pembelajaran
- · Belajar: mengembangkan intelektual dan Sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk menjadi lebih baik
- · Pembelajaran: proses interaksi peserta didik dengan guru
- · Teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif, preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, dan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah memerika proses belajar.
- · Kelebihan dan kekurangan teori deskriptif dan teori prespektif:
1. kelebihan teori belajar deskriptif yaitu
lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan
disampaikan.mendorong siswa untuk mencari sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya
dalam mengerjakan suatu tugas.
2. Kekuragan teori belajar deskiptif yaitu kurang
memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
3. Kelebihan teori belajar prespektif yaitu lebih
sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas. banyak member motivasi
agar terjadi proses belajar mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
4.
Kekurangan teori belajar
prespektif yaitu membutuhkan waktu cukup lama
Komentar
Posting Komentar